Kunyit Putih, Apa saja Manfaat nya !!!

Kunyit Putih, Apa Saja Khasiat dan Manfaat, simak keterangan berikut !!


 

Menurut penuturan dari Halodoc, Jakarta - Kunyit, salah satu jenis rempah yang sudah dikenal sejak lama. Kunyit oranye dikenal sebagai salah satu rempah yang memiliki banyak khasiat, begitu juga kunyit putih. Meskipun warna dan kandungannya berbeda dengan kunyit orange, kunyit putih juga memiliki manfaat untuk kesehatan.

Kunyit putih atau memiliki nama ilmiah Zedoaria atau Curcuma Zedoaria adalah jenis tanaman rempah yang hampir semua bagiannya, seperti akar, minyak, dan daunnya, dapat digunakan untuk obat. Tanaman yang banyak ditemukan di daratan Indonesia dan India ini juga telah banyak dibudidayakan di Eropa, Amerika Serikat, dan berbagai wilayah Asia lainnya.

Karakteristik kunyit putih agak berbeda dengan kunyit orange. Tekstur dagingnya lebih lunak dan rasanya cenderung mirip dengan jahe, tetapi meninggalkan jejak rasa getir di akhir. Di dalam dunia pengobatan, manfaat kunyit putih lama digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Berikut ada enam (6) manfaat kunyit putih bagi kesehatan tubuh, yang perlu diketahui, diantaranya adalah :



1. Obat Alergi Alami

Senyawa curcuminoids yang terkandung dalam kunyit putih, bermanfaat sebagai antialergi, dan terbukti mengatasi gejala alergi pada kulit. Sebagai obat antialergi, kunyit putih bekerja layaknya antihistamin yang berfungsi untuk menghambat aktivitas protein penyebab peradangan dan mencegah pelepasan histamin, yaitu zat kimia yang memicu reaksi alergi.

2. Antimikroba dan Antijamur

Dikutip dari Journal of Pharmacy and Pharnacology, kunyit putih memiliki sifat antimikroba dan antijamur yang cukup baik. Ekstrak kunyit putih terbukti melawan beberapa spesies bakteri penyebab penyakit seperti E. Coli, bakteri penyebab berbagai gangguan pencernaan, dan Staphylococcus Aureus, bakteri penyebab bisul, impetigo, selulitis, dan osteomielitis.

Kunyit putih untuk kesehatan mampu melawan infeksi jamur, seperti Candida dan Aspergillus, serta menghambat aktivitas jamur-jamur lainnya pada tubuh manusia. Selain itu, manfaat kunyit putih turut andil dalam mengurangi jumlah bakteri jahat di mulut, dengan hasil yang setara dengan produk obat kumur yang biasa dijual di pasaran.

3. Mencegah Kanker

Meskipun keefektifannya dalam mengatasi kanker masih memerlukan penelitian lebih lanjut, kandungan zat RIP (Ribosom Inacting Protein) dalam kunyit putih diduga mampu mencegah, merontokkan, memblokir, dan menonaktifkan sel kanker dalam tubuh, tanpa merusak sel di sekitarnya.

Menurut Journal of Pharmacy and Pharnacology, kunyit putih juga diyakini mampu menghambat metastasis kanker dari suatu organ ke organ tubuh lainnya.

4. Mengatasi Masalah Pencernaan

Dari ribuan tahun yang dilewati kunyit putih dalam dunia pengobatan tradisional, keampuhannya dalam mengatasi masalah pencernaan mestinya sudah tidak diragukan lagi. Minyak esensial dari kunyit putih ini cukup bermanfaat dalam mengobati maag, perut, kembung, sembelit, kolik, kejang otot, dan masalah lambung lainnya.

Tepung dari akar kunyit putih juga dipercaya mengurangi jumlah dan tingkat keasaman cairan lambung, sehingga dapat digunakan untuk menyembuhkan tukak lambung.

5. Penawar Bisa Ular

Ekstrak dari khasiat kunyit putih dapat menjadi pertolongan pertama yang ampuh sebagai penawar dan penghambat aktivitas racun ular dalam tubuh.

6.   Meringankan Rasa Sakit

Kunyit putih dapat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit yang kamu alami. Hal ini disebabkan kunyit putih mengandung sifat analgesik.

Tidak ada dampak pada kesehatan dari pengonsumsian kunyit putih. Namun, terkhusus untuk wanita hamil dan ibu menyusui, sebaiknya ikuti petunjuk tim medis atau dokter ketika akan mengonsumsi kunyit putih.

 

Berkhasiatnya Rempah Nusantara, Manfaat Kunyit Putih Tak Kalah Melimpah

Sumber : Sehatq.com, ditinjau oleh Dr. Anandika Pawitri

 


Tanaman Herbal Kunyit adalah salah satu rempah-rempah tradisional warisan nenek moyang terdahulu yang kerap disebut kaya manfaat untuk kesehatan. Umumnya, yang terlintas di kepala ketika berbicara tentang kunyit adalah rempah berwarna kekuningan atau orange. Namun jangan salah, manfaat kunyit putih juga tidak kalah melimpah.

Dalam bahasa ilmiah, kunyit kuning disebut Curcuma longa dan kunyit putih disebut Curcuma zedoaria. Rempah ini lazimnya banyak ditemukan di negara-negara Asia Tenggara sejak ribuan tahun silam.

Bahkan, kunyit kerap digunakan sebagai komposisi pengobatan tradisional di banyak negara. Sebelum membahas lebih jauh manfaat kunyit putih, mari bedah dulu perbedaan kunyit putih dan kunyit kuning.

Kunyit putih dan kunyit kuning, apa bedanya ??, simak keterangan berikut ini !!

Pertama, kita akan membahas tentang kunyit kuning atau Curcuma longa. Warna dari rempah yang satu ini adalah kuning menyala dan kerap digunakan sebagai bumbu penyedap berbagai masakan.

Kandungan utama kunyit kuning adalah curcumin, demethoxycurcumin, dan bisdemethoxycurcumin. Semua ini merupakan antioksidan penting untuk menangkal radikal bebas.

Kemudian, kandungan kunyit kuning yang membuat aromanya begitu khas adalah turmerone, arturmerone, dan zingiberene. Tak hanya membuat makanan menjadi berwarna alami dan lebih sedap, kunyit kuning juga sumber asam lemak dan kaya akan kalsium, zat besi, dan vitamin B.

Sementara kunyit putih jelas memiliki warna yang lebih pucat ketimbang kunyit kuning. Rasanya sangat pahit. Curcuma zedoaria ini juga mengandung banyak khasiat berkat curcumin, arabin, furanodiene, zedorone, curzeone, dan kandungan lainnya. 

Ciri khas lain yang membedakan kunyit putih dari kunyit kuning adalah ketika sudah matang, warnanya berubah menjadi kecokelatan. 

Manfaat kunyit putih bagi kesehatan

Setelah selama ini sorotan lebih banyak diberikan kepada kunyit kuning, sekarang saatnya melihat lebih detil manfaat kunyit putih bagi kesehatan. Beberapa di antaranya adalah:

1. Menangkal bakteri

Terbukti, manfaat kunyit putih yang pertama yaitu menangkal bakteri datang dari kandungan di dalamnya. Kunyit putih dapat menangkal bakteri seperti E.coli, S.aureus, Cornyebacterium species, Aspergillus sp, dan Candida sp.

Sebuah penelitian juga menemukan bahwa kandungan antibakteri dari kunyit putih juga membuatnya dipilih sebagai komposisi obat kumur. Tujuannya, untuk menghambat pertumbuhan bakteri dalam mulut.

2. Pereda nyeri dan anti-peradangan

Ekstrak dari kunyit putih terbukti ampuh mengatasi peradangan dan mengurangi nyeri pada penderita arthritis atau radang persendian. Ini semua berkat kandungan curzenone dan dihydrocurdione di dalamnya.

Bahkan kandungan lainnya yatu curcumenol bisa bertindak meredakan rasa nyeri lebih ampuh ketimbang obat-obatan seperti layaknya aspirin

3. Antioksidan dan mengurangi alergi

Minyak dari kunyit putih juga merupakan sumber antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas. Apalagi kita tahu sangat sulit menjaga agar tidak terpapar polusi di tengah udara bersih yang kian langka.

Selain itu, kandungan curcuminoids dalam ekstrak kunyit putih juga bisa megnurangi reaksi alergi. Kerap kali, ekstrak kunyit putih digunakan sebagai obat untuk mengatasi gatal-gatal ataupun alergi kulit. Hal ini bisa terjadi karena kunyit putih mencegah bertumbuhnya protein penyebab peradangan dan mencegah dikeluarkannya zat kimia pemicu reaksi alergi di tubuh seseorang.

4. Mencegah kanker

Ekstrak air dari kunyit putih juga terbukti berkhasiat ampuh mencegah kanker. Curcuminoids dalam kunyit putih terbukti mengatasi sel kanker ovarium. Tak hanya itu, ekstrak kunyit putih juga bersifat beracun bagi sel-sel kanker prostat, ginjal, dan paru-paru.

5. Mengatasi gangguan tukak lambung

Apabila Anda mengalami masalah pada pencernaan atau lambung, maka manfaat kunyit putih bisa menjadi salah satu pilihan pengobatan. Banyak hasil penelitian yang menunjukkan bahwa kunyit putih dapat mengurangi asam lambung dan menghindari terjadinya gangguan pada tukak lambung.

Terlebih, gangguan tukak lambung atau peptic ulcer kerap merembet ke banyak keluhan lainnya seputar pencernaan. Contohnya rasa mual, ingin muntah, nyeri perut, hingga menurunnya nafsu makan.

6. Mengendalikan kolesterol

Mengonsumsi teh yang dibuat dari rebusan kunyit putih rupanya bisa membantu menurunkan kadal kolesterol dalam tubuh seseorang. Di sisi lain, kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL) juga meningkat. 

7. Menangkal parasit

Negara-negara terus mencari cara bagaimana menangkal parasit yang menyebabkan banyak penyakit, dan ternyata kunyit putih bisa menjadi salah satu rempah penangkal parasit. Kelebihan lainnya adalah bahan alami seperti kunyit putih dapat diserap tubuh dengan lebih mudah dan minim risiko.

Masih banyak manfaat kunyit putih lainnya terutama bagi kesehatan. Namun sebaiknya bagi ibu hamil dan menyusui, INGAT Konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter kandungan apakah aman mengonsumsi kunyit putih.

 

Sumber : HaloDoc.com, Sehatq.com, 

Tim Redaksi : Graha Sukses Preneur

 


Komentar

Anda Layak Mengetahui ini !!!

Manfaat Tanaman Impor, Bidara

15 Manfaat Tanaman Herbal Tempuyung Bagi Kesehatan, Yuk Disimak !!