Akar Kayu Bajakah, Khasiat dan Aneka Manfaatnya

Akar Kayu Bajakah, Darimana Berasal Serta Apa Saja Khasiat dan Manfaatnya, Simak Keterangan Berikut !!



Daun tanaman bajakah tampala memiliki warna kuning, putih dan coklat, dengan bentuk tajam. Sedangkan bunganya berwarna ungu, putih dan pink dengan bentuk kecil. Kabarnya, masyarakat di sekitar hutan Kalimantan, Paling banyak diketemukan ataupun dijumpai di Kalimantan Tengah menganggap tanaman ini dengan berbagai hal yang bersifat mistis. Termasuk pemanfaatan Kayu Bajakah untuk mengusir gangguan makhluk halus. Manfaat akar bajakah terkuak setelah dibuat teh herbal oleh para siswa itu. Tanaman ini sebenarnya juga telah dikenal sebagai tanaman herbal yang telah lama digunakan masyarakat, terutama untuk mengobati luka, disentri dan menghilangkan pegal badan. Gemparnya temuan ini mendorong dilakukannya sejumlah penelitian lanjutan terhadap kandungan akar kayu bajakah. Hasilnya, tanaman ini kaya dengan zat antioksidan. Bahkan kadar antioksidan ini ribuan kali lipat dibandingkan herbal kanker lainnya. Uji laboratorium juga menemukan beberapa kandungan penting herbal ini, seperti tannin, steroid, saponin, fenolik, terpenoid dan alkonoid. Bahkan akar bajakah juga terdapat senyawa sel pitu gimia yang berfungsi sebagai anti kanker.

Manfaat Akar Bajakah Selain untuk Kanker

Hasil temuan para pelajar itu mendorong berbagai kalangan melakukan uji lab terhadap tumbuhan herbal ini. Berikut ini berbagai manfaat akar bajakah selain kanker, meskipun perlu uji klinis lanjutan.





Menyembuhkan Luka

Masyarakat tradisional telah menggunakan kayu bajakah untuk menghentikan pendarahan luka. Dari penelitian juga ditemukan kandungan batang bajakah tampala yang kaya senyawa flavonoid, fenolik, tannin dan saponin yang bersifat angiogenesis.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Selain ampuh mengatasi kanker, manfaat akar bajakah juga berkhasiat dalam meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh. Tingginya kadar antioksidannya sangat berguna untuk menangkal radikal bebas dan melindungi tubuh.

Menghaluskan Kulit dan Anti Penuaan Dini

Kandungan senyawa flavonoid, fenolik, tannin dan saponin dalam akar bajakah tenyata juga berkhasiat dalam menghaluskan kulit. Senyawa ini berfungsi mendorong pertumbuhan kolagen yang penting mengencangkan kulit wajah dan menghalau penuaan dini.

Cara Mengkonsumsi Kayu Bajakah

Temuan menggemparkan ini juga mendorong banyak orang untuk mengetahui cara mengkonsumsi kayu bajakah. Untuk mendapatkan manfaat akar bajakah tunggal ini adalah dengan mengambil bagian akarnya saja.

Untuk cara mengolah dan mengonsumsi herbal ini, maka akar bajakah harus dikeringkan terlebih dahulu dengan dijemur di bawah sinar matahari Mungkin perlu beberapa hari agar herbal ini menjadi kering betul.

Untuk menghasilkan manfaat akar bajakah yang optimal, dalam pengolahannya harus dicacah atau diiris dalam bentuk kecil-kecil dan dihaluskan hingga menjadi bubuk. Menghaluskannya bisa dengan ditumbuk secara manual ataupun dengan blender.

Bubuk akar bajakah inilah yang kemudian diseduh dengan air panas. Takarannya, 1 gram akar bajakah dilarutkan dalam 500 ml air. Air teh akar bajakah yang berwarna coklat bening inilah yang diminum setiap hari.

Itulah sejumlah manfaat akar bajakah untuk kesehatan, khususnya dalam mengobati kanker payudara Indonesia memang kaya tanaman herbal yang perlu digali lebih banyak lagi. (R9/HR-Online)

“Manfaat Kayu Bajakah dari Kalimantan luar biasa. Bagaimana tidak, kayu bajakah dipercaya bisa menyembuhkan kanker secara total”

Manfaat Kayu Bajakah dari Kalimantan itu berawal dari temuan tiga siswa SMAN 2 Palangkaraya, Kalimantan Tengah. kayu bajakah seperti tumbuhan sulur yang membelit atau menumpang pada tumbuhan lain.

Penemuan khasiat Bajakah sembuhkan kanker itu membawa tiga siswa SMAN 2 Palangkaraya mendapat predikat juara dunia di World Invention creativity Olympic (WICO) di Seoul, Korea Selatan.

Tumbuhan tersebut hidup di tanah gambut di pedalaman hutan Kalimantan. Batang pohon bajakah yang terpotong meneteskan air berwarna bening.Air tersebut berkhasiat untuk kesehatan.

Air dari kayu bajakah itu terasa seperti air putih biasa namun terasa dingin.Tumbuhan ini hanya hidup di lokasi rimbun di mana sinar matahari tak banyak masuk karena tertutup rimbunnya hutan.Hal tersebut yang membuat bajakah sulit dibudidayakan.
Berdasarkan Penelitian Ilmiah Akar Kayu Bajakah bisa menyembuhkan Kanker dan Tumor

Bagi orang pedalaman Kalimantan Akar Bajakah ini sudah menjadi obat secara turun temurun, sebelum Akar Bajakah ini Virall..!!!

Tanaman Bajakah diklaim mengandung 40 macam fitokimia Yang bisa menyembuhkan kanker antaranya : Flavonoid, Fenolik, Steroid, Saponin, Terpenoid, dan Alkonoid.

Beberapa Penyakit Yang Sembuh di Alami Pemakai Akar Bajakah ini, antara lain :

  1. Asma
  2. Asam Urat
  3. Benjolan Payudara
  4. Benjolan Leher
  5. Miom
  6. Kista
  7. Serviks
  8. Diabetes
  9. Prostat
  10. Kecanduan Kopi, dll

12 Fakta Obat Kanker Akar Bajakah, Sayang Kalau Dilewatkan!


Cermati.com – Tahukah, penyakit kanker sekarang sudah ada obatnya! Obat kanker ini pun ternyata sangat sederhana, yakni dari sebuah pohon yang disebut akar bajakah. Begini faktanya.

Penyakit kanker memang jadi momok setiap orang. Wajar saja, dari beratus tahun sejak dikenalnya dunia medis, kanker seolah jadi penyakit yang tidak ada satu obat untuk menyembuhkan layaknya penyakit-penyakit lainnya.

Kalau pun bisa sembuh dari serangan penyakit kanker, itu pun harus melalui serangkaian perawatan media yang menguras banyak biaya. Kini, diklaim sudah ada satu obat penyakit kanker yang sederhana, yakni dari sebuah tanaman saja.

Penasaran seperti apa saja fakta-fakta tanaman akar bajakah yang disebut sebagai obat penyembuh kanker? Berikut Cermati.com ulas dan dirangkum duabelas fakta akar bajakah dari berbagai sumber.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

1. Bentuk Pohon Akar Bajakah

Akar bajakah diketahui berbentuk batang pohon tunggal yang merambat dan berwarna coklat. Seperti dilansir Kompas dari tayangan AIMAN, batang akar tanaman akar bajakah ini kuat dan cukup besar.

Pohon akar bajakah ini merambat dengan ketinggian mencapai lebih dari 5 meter hingga puncak pohon lain. Akar pohon bajakah berada di dasar aliran air lahan gambut.

2. Akar Bajakah Berasal dari Kalimantan dan Tumbuh di Hutan

Akar bajakah ini berasal dari kepulauan borneo, Kalimantan dan hidup di tengah hutan. Akar bajakah ini yang paling viral banyak orang mengetahui sampai manca Negara adalah didaerah Kalimantan Tengah dikarenakan para siswa ataupun penelitian dilakukan, padahal hampir  di semua  wilayah Kalimantan akar bajakah tersebut dapat ditemukan ditengah-tengah hutan dan pohon-pohon yang rimbun yang sudah berumur panjang atawa pohon-pohon yang tinggi dan pohon-pohon yang sudah berumur sudah tua,serta tidak banyak terkena matahari.

3. Akar Bajakah Mengandung Zat Penyembuh Kanker

Dari hasil penelitian Kepala Laboratorium Bio Kimia dan Molekuler dari Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (FK ULM), Eko Suhartono, akar bajakah mengandung senyawa antioksidan yang berfungsi melawan sel kanker.

Kandungan lain dalam akar bajakah lainnya adalah saponin, alkoloid, steroid, terpenoid, flavonoid, tanin, dan fenolik. Diketahui, jumlah antioksidan dalam akar bajakah ini juga cukup tinggi.

4. Cara Mengolah dan Mengosumsi Akar Bajakah untuk Obat Kanker

Sebagaimana dilansir dari detikhealth, tanaman bajakah ini hanya diambil bagian akarnya, kemudian diproses untuk menjadi ramuan akar bajakah.

Begini cara mengolah dan mengonsumsi akar bajakah

Akar bajakah dikeringkan di bawah matahari

Cacah akar bajakah setelah mengering

Lalu dihaluskan dengan ditumbuk atau diblender

Bubuk akar bajakah selanjutnya diseduh dengan takaran 1 gram dalam larutan 500 mililiter (ml) air, Bisa juga direbus dengan air selama 30 menit, baru kemudian diminum setiap hari.

Air rebusan akar bajakah berwarna seperti teh, Saat diminum, air bajakah terasa hambar

5. Akar Bajakah Terbukti Sembuhkan Kanker Payudara Stadium Empat

Bukti dari ramuan akar bajakah bisa sembuhkan kanker adalah pengalaman warga suku Dayak yang sang ibu pernah divonis menderita kanker payudara stadium empat.

Namun sang ibu menolak operasi. Lalu memilih minum rebusan air dari akar tanaman bajakah yang dicari sang ayah di tengah hutan. Setelah rutin meminum ramuan akar bajakah, sang ibu sembuh total dari serangan kanker payudara.

“Hanya dalam dua minggu reaksi, sebulan sembuh total,” kata Daldin, salah satu warga suku Dayak asli di Kabupaten Gunung Mas, Palangkaraya, dalam wawancara yang dilakukan Kompas TV.


6. Penemu Obat Kanker Akar Bajakah adalah Anak SMA

Tiga siswa penemu obat kanker dan Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran, via diskominfo kalteng

Ramuan akar bajakah ini memang sudah dikenal secara turun temurun masyarakat Kalimantan untuk mengobati penyakit kulit dan tumor Namun siswa SMAN 2 Palangkaraya yang terdiri dari Yazid, Aysa Aurealya Maharani, dan Anggina Rafitri, inilah yang melakukan uji coba di laboratorium sekolahnya.

Mereka menguji sampel menggunakan 2 ekor mencit atau tikus berwarna putih yang sebelumnya sudah disuntikkan zat pertumbuhan sel tumor dan kanker. Hasilnya, air campuran akar bajakah mampu menghilangkan sel tumor pada tikus tersebut.

7. Akar Bajakah Dianggap Tanaman Mistis

Guru pembimbing SMAN 2 Palangkaraya, Herlina, sebagaimana dikutip kompas.regional dari tayangan AIMAN, tanaman khas hutan pulan Borneo, Kalimantan ini memang sudah sejak lama digunakan secara turun-temurun nenek moyang suku Dayak sebagai obat kanker.

Namun selama ini memang belum pernah ada penelitian ilmiah pada tanaman bajakah ini. Baru pertama kali dilakukan penelitian ini oleh siswa SMAN 2 Palangkaraya tersebut. Bahkan tanam bajakah ini, bagi masyarakat setempat dianggap sebagai hal berbau mistis.

8. Kekhawatiran Ada Eksploitasi untuk Dapatkan Akar Bajakah

Seiring dengan ngehitsnya akar bajakah yang dikenal ampuh mengobati kanker, timbul kekhawatiran adanya eksploitasi hutan karena banyak yang memburu akar bajakah. Hal ini disampaikan oleh guru SMA 2 Palangkaraya tersebut.

9. Harga Akar Bajakah Fantastis dan Dijual di ‘E-Commerce’

Saking ngetopnya akar bajakah ini, di sejumlah e-commerce sudah banyak ditemukan yang menjual akar bajakah ini.

Harga yang ditawarkan para pedagang di platform perdagangan elektronik ini bervariatif, mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu per batang akar bajakah atau yang sudah dikemas dalam bentuk potongan kecil-kecil.


10. Jenis Akar Bajakah yang Jadi Obat Kanker Masih Rahasia

Kenyataannya, ada beberapa jenis tanaman akar bajakah. Namun, tidak diketahui persis jenis akar bajakah mana yang diklaim bisa menyembuhkan penyakit kanker.

Masih seperti yang dituliskan detikhealth dari laman resmi Institut Pertanian Bogor (IPB), ada tiga jenis tanaman bajakah, yakni:

1) Bajakah Lamei: Tumbuh di hutan tropis lembab yang batangnya menyimpan banyak air yang bisa diminum. Cairan terkandung dalam tanaman ini dipercaya bisa menyembuhkan diare.

2) Bajakah Kalalawit (Uncaria Gambir Roxb): Mengandung phenol dan antibacterial, dengan ekstraknya mengandung tinggi katekin untuk mencegah penyakit jantung, obesitas, dan membantu pembentukan kolagen. Senyawa catechin dalam gambir juga dipercaya bisa mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

3) Bajakah Tampala (Spatholobus Littoralis Hassk): Akar bajakah ini mengandung senyawa fenolik, flavonoid, tannin, dan saponin, yang bisa mempercepat pertumbuhan kolagen dan pembentukan epitel baru. Tanaman bajakah ini dikenal bisa menyembuhkan luka dan berbagai penyakit.

Karena ada kekhawatiran eksploitasi hutan Borneo di Kalimantan, terlebih lagi untuk tujuan komersil. Oleh karena itulah keberadaan persis dan nama dari jenis akar bajakah ini masih dirahasiakan.

“Yang pasti, dari pihak kami, bajakah yang dipakai dalam riset anak-anak masih dirahasiakan,” kata Kepala Sekolah SMAN 2 Palangkaraya, Mi’razulhaidi, saat dihubungi detikhealth.


11. Akar Bajakah Belum Teruji Klinis

Dikutip dari detikhealth, Koordinator Klinik Saintifikasi Jamu Hortus Medicus Balai Besar Penelitian dan Pengembangan tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TOOT), Danang Ardiyanto, menyebutkan butuh proses panjang bagi sebuah obat tradisional untuk bisa diterima sebagai terapi standar.

Butuh 3-20 tahun untuk klaim sesuatu hal menyembuhkan suatu penyakit. Ada beberapa fase penelitian mulai dari uji pra klinik hingga uji klinik.

Riset yang dimulai uji pra klinik pada hewan terdiri dari 5 tahapan, yakni:

Uji Eksperimental in Vitro: Tujuannya untuk membuktikan klaim sebuah obat

Uji Eksperimental in Vivo: Untuk membuktikan klaim obat harus dilakukan percobaan pada hewan seperti tikus, kucing, anjing, kelinci, dan mencit.

Uji Toksisitas Akut: Untuk mengetahui LD (Lethal Dose) 50 sebuah obat. Makin tinggi LD 50, makin aman sebuah obat

Uji Toksisitas Subkronik: Pemberian ekstrak pada hewan uji coba setiap hari selama 3 bulan, untuk mengamati kenailan/efek samping mengonsumsi suatu obat

Uji Toksisitas Khusus: Tujuannya untuk mengetahui keamanan obat dalam jangka panjang

Riset dilanjutkan ke tahap uji klinik bila obat terbukti aman dan berkhasiat pada hewan yang terdiri dari 4 fase, yakni:

Uji Klinis Fase 1: Untuk mengetahui efek dan farmakokinetik atau psoses obat sejak diminum hingga fase luar dari tubuh, yang dilakukan pada relawan sehat untuk mengetahui keamanannya

Uji Klinis Fase 2: Obat diberikan bagi orang sakit untuk membuktikan khasiatnya

Tiga (3) Uji Klinis Fase 3

: Uji coba obat diberikan pada lebih banyak sukarelawan di banyak lokasi. Jika obat aman, akan memasuki tahap izin edar dan dipasarkan

4.  Post, Marketing, Surveillance: Fase ini untuk memastikan obat yang beredar di masyarakat tidak berbahaya dan harganya bagus


12. Menunggu Sertifikasi untuk Resmi Jadi Obat Kanker

Pakar medis Yayasan Kanker Indonesia (YKI) DKI Jakarta, Venita, mengatakan akar bajakah yang dinyatakan efektif menyembuhkan kanker dinilai masih harus melalui jalan panjang.

Penemuan ini dinilai masih tahap awal untuk kemudian dilakukan sertifikasi sebagai obat kanker payudara. Meski demikian, ia mengakui akar bajakah berpotensi sebagai obat kanker karena banyak obat dipercaya ampuh lawan sel kanker.

“Tapi tidak lantas karena penelitian kecil atau percobaan pada hewan, atau pun percobaan pada satu-dua orang, lantas langsung diputuskan tumbuhan tersebut pasti efektif untuk kanker,” ujar Venita seperti dikutip dari antaranews.

Penemuan Obat Kanker Akar Bajakah Harumkan Nama Indonesia

Tentu saja, penemuan akar bajakah sebagai obat kanker ini telah mengharumkan nama Indonesia di mata dunia. Sebab obat kanker dari akar bajakah ini diperkenalkan ke kancah internasional oleh siswa SMAN 2 Palangkaraya dan dimenangkan dalam ajang Youth National Science Fair (YNSF) 2019 di Bali dan Invention Olympic (WICO) di Korea Selatan.

Sumber : Disadur dari berbagai sumber
Team redaksi : Graha Sukses Preneur

Komentar

Anda Layak Mengetahui ini !!!

Manfaat Tanaman Impor, Bidara

15 Manfaat Tanaman Herbal Tempuyung Bagi Kesehatan, Yuk Disimak !!